Ayam Plecing

Palangka Raya, 27 Maret 2014
Assalamualaikum, Resep kali ini judulnya Ayam Plecing. Masakan yang satu ini sangat cocok dihidangkan bersama Nasi punel yang hangat dan lalapan segar yang hijau seperti selada. Mmmmm..... rasanya tak bosan mencolek bumbunya yang sedap.

Ayam Plecing cara masak dan bahannya sangat simple dan bahannya sering telah tersedia di lemari es. Asal muasal kami sekeluarga memfavoritkan menu ini adalah dari seringnya tampil iklan penyedap masakan yang menyertakan video memasak yang sering tampil di tv tiap rabu pukul 10.00 pagi.  Tapi sayang sekarang sudah jarang sekali ditampilkan :(
Baiklah, kita langsung saja ya,...simak yuuk..

AYAM PLECING

 Bahan:
 1 Kg ayam Potong sesuai selera, cuci bersih tiriskan.
 1 Gelas air.
 1/2 Gelas air.
 50 cc minyak goreng.
 5 Butir jeruk limau.
 5 Butir cabe merah besar.
 1 sdt garam.
 1/2 sdt bumbu kaldu ayam.

Cara Membuat:
Rebus ayam bersama 1 Gelas air, perasan 5 biji air jeruk limau,  1 sdt garam dan 1/2 sdt kaldu ayam bubuk di dalam panci dengan api kecil. Biarkan hingga meresap dan air tersisa sedikit.

Blender cabe merah bersama 1/2 gelas air, tuang ke dalam ayam, sambil terus direbus, biarkan hingga meresap dan air sisa sedikit. Matikan api.

Siapkan Wajan teflon, tuangi 50 ml minyak goreng, panaskan dengan api kecil, Tuang ayam bersama bumbunya kedalam minyak yang telah panas, bolak- balik ayam agar tidak terlalu hangus, setelah warna berubah kecoklatan dan bumbu mengental, angkat.
Sajikan bersama nasi hangat dan lalapan daun selada. Mmm.... anak saya tidak bisa berhenti mencuil ayamnya looh....:)




Tips : Jika tak ada jeruk limau, anda dapat menggantinya dengan jeruk nipis tapi cukup perasan airnya dari 1 iris tipis saja, agar tidak terlalu asam.

Naah.... mudah kan cara membuatnya, baiklah...selamat mencoba ya, semoga anda dan keluarga menyukainya.

Wassalamualaikum..

Komentar